Sword Art Online

Sword Art Online

Karakter utama yang hampir tak terkalahkan dari anime Fullmetal Alchemist, pertarungan bos yang epik, dan tentu saja, waifu tsundere yang sama seorang gamer, semuanya dikemas dalam animasi yang indah. Sword Art Online pastinya jadi anime asa bagi setiap gamer.

Tentu saja, bagi yang bukan gamer atau belum pernah main game online, tetap bisa menikmati Sword Art Online.

Serial ini berkonsentrasi pada protagonis Kazuto “Kirito” Kirigaya dan Asuna Yuuki saat mereka bermain via bermacam-macam dunia virtual reality MMORPG.

Saat mulai ditayangkan, Sword Art Online langsung populer berkat penyesuaian diri dari light novel yang memang sudah hit. Sekaligus juga, cukup bikin kontroversial. Akibatnya ada polarisasi pendapat soal plot dan karakternya, yang pernah saya bahas di Alasan Sword Art Online Dibenci dan Kenapa Saya Tetap Mencintainya.

Saya jelas memberi saran anime ini, apalagi dengan lagu opening Sword Art Online tak terlupakan yang diisi penyanyi ternama. Sesungguhnya, tak terlalu pusing untuk memulai nonton Sword Art Online, cukup ikuti berdasarkan waktu rilisnya saja.

Urutan Rilis Sword Art Online

SAO awalnya merupakan serial light novel karya Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec. Kemudian disadur menjadi anime oleh Studio A-1 Pictures.

Serial anime ini sudah memiliki tiga musim dengan total 86 episode. Itu yang masuk main story, sementara episode recap, film dan spin-off belum dihitung.

Nah, berikut urutan rilis SAO dan tentunya ini saran jika mau memulai menontonnya.

1. Sword Art Online (2012)

Tayang: Summer-Fall 2012
Episode: 25
Pada tahun 2022, realitas virtual telah berkembang pesat, dan game role-playing online yang disebut Sword Art Online (SAO) diluncurkan.

Dengan bantuan teknologi “NerveGear”, pemain dapat mengendalikan avatar mereka di dalam game hanya dengan menggunakan pikiran mereka sendiri.

Kazuto Kirigaya, yang dijuluki “Kirito,” masuk bersama sepuluh ribu orang lainnya ke dunia Aincrad yang indah dan rumit, dunia yang penuh dengan senjata abad pertengahan yang fantastis dan monster yang menyeramkan.

Melainkan, kemudian para pemain langsung menyadari bahwa mereka tidak dapat keluar. Sang pencipta permainan telah menjebak mereka di dunia barunya sampai mereka memecahkan seratus level permainan.

Lebih buruk lagi, jika mereka mati di Aincrad, mereka mati di kehidupan kongkret. Kirito sepatutnya menyesuaikan diri dengan realitas barunya, berjuang untuk kelangsungan hidupnya.

Untuk bisa keluar dari Aincrad, Kirito sekarang sepatutnya berinteraksi dan bekerja sama dengan sesama pemain. Di sini ia berjumpa Asuna Yuuki, yang memimpin guild terkemuka yang mencoba memecahkan permainan.

Musim pertama Sword Art Online mengikuti cerita Aincrad ini di paruh pertama, dan kemudian berpindah ke arc Fairy Dance di realitas virtual Alfheim, saat Kirito sepatutnya menyelamatkan Asuna.

2. Sword Art Online: Extra Edition (2013)

Tayang: 2013
Episode: 1
Sebuah episode spesial fanservice tentu saja.

Cerita berlatar beberapa tahun setelah peristiwa di musim pertama Sword Art Online, saat Kirito dan adiknya Suguha berjumpa dengan Asuna Yuuki, Rika “Lisbeth” Shinozaki, dan Keiko “Silica” Ayano di SAO Survivor School.

Kirito kemudian menghadiri konseling darurat, sementara gadis-gadis pergi ke kolam renang.

Ternyata kata “konseling darurat” merupakan dalih yang dibuat oleh Seijirou Kikuoka, yang bertujuan untuk mengulangi insiden Sword Art Online dengan harapan dapat mempertimbangkan motif Akihiko Kayaba.

3. Sword Art Online II (2014)

Tayang: Summer-Fall 2014
Episode: 24
Setahun setelah insiden Sword Art Online, insiden baru terjadi dalam game bernama Gun Gale Online, saat seorang pemain bernama Death Gun tampaknya membunuh orang di dunia kongkret dengan menembak mereka dalam game.

Didekati oleh agen pemenerintah untuk membantu dalam menyelidiki menghilangkan nyawa orang lain, Kazuto Kirigaya menjadi persona Kirito sekali lagi dan masuk ke Gun Gale Online, berniat menghentikan si pembunuh.

Seperti masuk, Kirito berjumpa Sinon, seorang penembak jitu yang benar-benar terampil yang dirundung stress berat masa lalu. Dia langsung diseret mengejar Death Gun, dan bersama-sama mereka memasuki Bullet of Bullets, sebuah turnamen di mana target mereka pasti akan muncul.

Setelah arc Gun Gale Online, Sword Art Online berlanjut ke cerita Calibur dan Mother’s Rosario di Alfheim.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.